Fujitsu Ponsel Asal Jepang Punya Keamanan Tercanggih

JAPAN-TECHNOLOGY-FUJITSU

Fujitsu Arrows NX F-04G disebut-sebut sebagai smartphone dengan sistem keamanan tercanggih. Ponsel cerdas berbasis Android itu dibekali pemindai selaput pelangi di mata untuk mengenali pemiliknya. Si ponsel mampu mengenali pola unik di selaput pelangi mata yang terbentuk sejak umur dua tahun dan susah dipalsukan. Tidak seperti sidik jari, selaput pelangi ini berada di bagian terlindungi dan bentuknya tidak berubah-ubah.

Para produsen smartphone memang berlomba menghadirkan sistem unlock smartphone tanpa password. Pasalnya, password rentan dibobol. Yang sekarang sudah banyak digunakan adalah pemindai sidik jari, antara lain ada di Galaxy S6 serta iPhone 6. Sistem pemindai selaput pelangi sendiri susah diakali dan mudah dipakai tanpa perlu menyentuh smartphone. Teknologi semacam ini sudah dipakai sejak 15 tahun terakhir, khususnya di sistem kontrol perbatasan negara. Uni Emirat Arab telah menggunakannya sejak tahun 2001 untuk mengontrol perbatasannya.

Fujitsu mengklaim sistem pemindai selaput pelanginya didesain canggih sehingga pemakai ponsel bisa menggunakannya dalam jarak pandang biasa, tak perlu jauh-jauh. Diklaim juga lebih cepat dan akurat dibanding sistem pengenal wajah.
Fujitsu Arrows NX F-04G siap dipasarkan di Jepang bersama operator NTT DoCoMo. Kemungkinan, handset ini beredar terbatas di negara Sakura itu dan tak dipasarkan di mancanegara.

Selain iming-iming pemindai selaput pelangi, speknya juga tinggi. Handset ini dibekali layar 5,2 inch Quad HD resolusi 1.440 x 2.560 pixel, prosesor Qualcomm Snapdragon 810 octa-core, kamera 20,7 megapixel, baterai 3.120 mAh dan OS Android 5.0 Lollipop.

Komentar