Google Bikin Robot Mainan Yang Canggih

teddy google

Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan sosok Chucky di film Child's Play, Ted di film Ted, atau Buzz dan Woody di Toy Story? Berkat perkembangan teknologi yang semakin canggih, kini bukan hal yang mustahil lagi jika mainan anak-anak Anda nantinya bisa bertingkah laku seperti mainan di film-film tadi. Adalah Google yang dikabarkan baru saja mendaftarkan paten, dimana rakasasa internet ini berencana untuk menciptakan robot mainan berbentuk beruang dan kelinci.

Bukan sembarang mainan, selain bisa berbicara nantinya mainan itu diklaim mampu merekam percakapan, merespon, bahkan mengendalikan semua peralatan rumah tangga di rumah Anda, paten ini sebenarnya sudah didaftarkan sejak tiga tahun yang lalu, tepatnya pada bulan Februari 2012 atas nama Daniel Aminzade dan Richard DeVaul, dua orang yang menjabat sebagai Insinyur Google.

Menariknya, mainan yang dapat terhubung dengan internet ini dilengkapi dengan alat penggerak motor, sehingga mainan akan megeluarkan ekspresi sesuai dengan situasi dan kondisi.

google_robot_BBC

Selain penggerak motor tadi, boneka ini juga dilengkapi dengan kamera, microphone, dan speaker. Jadi, nantinya dengan keempat spesifikasi tadi, pengguna bisa memerintahkan mainan untuk mematikan dan menghidupkan TV hanya dengan mendengar perintah suara si pengguna. Pun terdengar menarik, namun ide ini sepintas terlihat menyeramkan. Bagaimana tidak, dengan kecerdasan buatan yang diberikan pada mainan itu, bukan tidak mungkin jika suatu hari mainan-mainan itu berbalik menyerang Anda.

teddy ilustrasi

Google sendiri memang sepertinya tengah terobsesi untuk membuat 'kerajaan' robot dan mainan. Dari laporan yang beredar, sepanjang 2013 lalu, perusahaan IT raksasa dunia itu sedikitnya telah mengakuisisi tujuh perusahaan teknologi yang berfokus pada pengembangan robotik.

Komentar