Cara Mengatasi Hilangnya Sinyal Di Custom Rom

Salah unlock/update modem radio.ima.

Ini banyak terjadi pada HP Andromax smartfren yang ingin unlock operator lain, baik cdma Flexy maupun pengguna Andromax yang ingin menggunakan Internet GSM 3G. Salah satu resiko Android di root dan penggunaan custom rom dapat merusak signal Handphone.


Sehingga keinginan berganti operator justru membuat semua sinyal hilang, bahkan karena IMEI hilang operator asli cdma Smartfren juga tidak bisa terdeteksi. Tidak ada sinyal bukan hape namanya...hiks.


smartfren



Handphone dari Luar Negeri
Contohnya HTC ValenteWX-J atau Samsung Galaxy Note I717 yang memang di lock hanya bekerja di operator negara tertentu sehingga tidak bisa digunakan di Indonesia. Kesalahan cara unlock sinyal hape luar spt Samsung-HTC dll ini dapat menyebabkan IMEI hilang/null IMEI, atau mungkin jaringan operator terdeteksi tetapi nomor telepon tidak terdeteksi, beberapa kasus unlock berhasil dan sinyal sudah muncul tetapi jaringan operator tidak terdeteksi sehingga tidak bisa untuk panggilan telpon.


 htcphone


Salah flashing dan sering ganti custom rom dapat menyebakan sinyal hilang, untuk mencegahnya selalu buat backup sebelum berganti rom, jangan coba flashing kernel rom luar negeri (hp korea, bell, verizon docomo dll) dengan firmware Indonesia. Contoh Samsung Galaxy Note korea tidak bisa diflash dengan Samsung Galaxy Note indonesia. Periksa juga sebelum membeli berbagai merk Hp Xiaomi, Lg, Samsung, HTC untuk wilayah pemasaran china karena tidak bisa digunakan di Indonesia jika menggunakan baseband TD-SCDMA (operator China Mobile) yang berbeda dengan type WCDMA

yang digunakan operator Indonesia.


Sering Ganti Kartu SIM
Kebiasan ganti kartu SIM Card dapat membuat konektor SIM rusak sehingga sinyal HP tidak dapat terdeteksi walaupun IMEI normal. Hal ini sering terjadi bila pengguna tidak memperhatikan posisi dan type sim yang dipakai, misalnya memasukkan kartu nano kedalam slot jenis micro, atau posisinya terbalik sehingga ketika mencabut dapat merusak pin didalamnya.



Beberapa kasus 3G tidak terdeteksi atau hanya sinyal EDEG/GPRS yang muncul padahal SIM card tersebut normal dipakai di HP lain.



Sinyal Hape Hilang-SOS
Masalah ini umumnya terjadi pada Handphone Blackberry. Lemahnya sinyal dapat membuat indikator Blackberry berubah mode SOS, menjadi GSM saja atau tulisan GPRS/EDGE/3G atau berubah menjadi huruf kecil.



Cara mengatasi Sinyal HP hilang
Pastikan SIM card yang digunakan sudah terdaftar dan dalam status active. Lakukan salah satu atau kombinasi beberapa cara mengatasi masalah Sinyal Hilang dibawah ini, dengan terlebih dahulu Cek IMEI dengan menekan *#06#. Jika IMEI normal lanjutkan:





  1. Metode "Pancing" sinyal. Mancing disini umpannya bukan cacing ;D. Cobalah dengan cara membuat panggilan telpon keluar atau dengan mengganti sementara dengan SIM card lain (jika tidak punya bisa pinjam sebentar SIM card dari mantan pacar, teman atau tetangga, jangan pinjam ke counter HP). Jika signal 3G sudah muncul kembalikan SIM card aslinya.

  2. Cara lain, coba masuk setting>Location&Security>Set up SIM card lock>Lock Sim Card> Hilangkan Centangnya.

  3. Coba juga masuk Setting> More> Mobile Networks> Data enabled dicentang> pilih Network operator>Pilih Jenis Provider yg dipakai secara manual

  4. Pada HP Android: Masuk ke menu dial telepon. Lalu tekan *#*#4636#*#*



  • Pilih menu Information.

  • Lalu scrool kebawah dan di Atas Tulisan Turn off Radio terdapat pilihan jaringan.

  • Pilih Wcdma Only atau 3G only. Pada Handphone Andromax pilih CDMA only.

  • Kemudian tekan tombol Turn Off Radio Tunggu beberapa saat, lalu hidupkan lagi dengan menekan Turn On Radio.

  • Jika cara masuk Phone Information dengan menekan *#*#4636#*#* tidak bisa, install dan jalankan info apk dengan download di sini Untuk Imei semua type android-andromax.


 

Untuk pengguna HP tingkat Lanjut dapat melakukan perbaikan dengan salah satu cara dibawah ini.

  • Melakukan factory reset atau melakukan install ulang OS/ Cara Flashing Firmware Asli (stock ROM) bawaan pabrik.

  • Rewrite IMEI untuk kasus IMEI NULL dengan tool khusus disesuaikan dengan type Handphone masing-masing. Untuk handphone samsung android pakai jtag dan z3x box untuk perbaiki IMEI.

  • Atau silahkan download rewrite imei


 




 demikikian tentang artikel Cara Mengatasi Hilangnya Sinyal Di Custom Rom

Komentar

Posting Komentar