Kota Bandung Sambut 4G Telkomsel

Bandung - Telkomsel kembali memperluas layanan 4G Long Term Evolution (LTE) miliknya. Setelah digelar di Jakarta dan Bali, Telkomsel resmi menghadirkan layanan 4G LTE secara komersial di Bandung.

Seremoni komersialisasi 4G LTE yang berlangsung di The Plaza, Trans Studio Mall Bandung, ditandai dengan serah terima kartu perdana uSIM 4G LTE edisi 60 tahun peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) dari Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah ke Walikota Bandung, Ridwan Kamil.

Pemilihan Bandung sendiri sebagai kota ketiga komersialisasi layanan Telkomsel 4G LTE berdasarkan sejumlah pertimbangan. Selain sebagai tuan rumah peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA), Akses data di kota Paris Van Java cukup tinggi.

Tahun 2014 saja, pelangan data Telkomsel naik 52%. Sedangkan dari sisi konsumsi penggunaan melonjak 170% di tahun yang sama. “Jumlah net citizen di Bandung terbesar di Indonesia,” ujar Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel.

Pada tahap awal ini, jaringan 4G LTE Telkomsel mencakup seluruh kawasan di Kota Bandung. "Insya Allah, indoor dan outdoor sudah bisa," klaim Ririek dalam acara peluncuran di Bandung, Minggu (15/3/2015).

Untuk menyelanggarakan layanan 4G LTE di Bandung, Telkomsel menyiapkan 100 eNode B untuk pemancar BTS 4G. Telkomsel mengoperasikan jaringannya di pita frekuensi 900 MHz dengan lebar spektrum 5 MHz.

Melalui medium frekuensi rendah 900 MHz, sinyal 4G Telkomsel diklaim memiliki daya pancar kuat hingga luar kota Bandung dan menembus gedung. Sementara menyoal kecepatan akses datanya, Telkomsel mengklaim layanannya sanggup menembus 36 Mbps.

Untuk menikmati layanan 4G milik Telkomsel, urang Bandung harus menukarkan SIM card mereka dengan uSIM yang tersedia di seluruh GraPARI di Bandung. Selain itu, ponselnya pun harus pula telah mendukung jaringan 4G.

Komentar