Mengenal Bekam

Bagaimana Memahami Bekam

            Apakah anda pernah mendengar istilah bekam? apakah anda pernah di bekam?" berbahagialah jika anda menjawab ''pernah''.Sebab dari kuisioner yang di tujukan secara pada kaum muslimin menunjukan bahwa yang belum mendengar istilah bekam (atau istilah bekam lain yang sejenis) sebanyak 80%,sedangkan yang belum pernah di bekam sebanyak 90%.



         Kenyataan ini sungguh memprihatinkan.sebab bekam sudah di kenal ribuan tahun yang lalu,bahkan sejak zaman Nabi Musa A.S dan berkembang keseluruh dunia hingga saat ini.

        Bekam adalah salah satu ilmu kedokteran warisan Nabi Muhamad SAW. Bekam merupakan terjemahan dari hijamah,dari kata al-hajmu yang berarti pekerjaan membekam.Al-hijmu berarti menghisap atau menyedot.Sehingga hijamah atau bekam di artikan sebagai peristiwa penghisapan darah dengan alat menyerupai tabung serta mengeluarkanya dari permukaan kulit dengan penyayatan yang kemudian di tampung di dalam gelas.Di indonesia sendiri bekam sudah sering di pakai untuk pengobatan dengan beberapa nama seperti caduk,canthuk,kop,cupping,mambakan dan lainya.


       Dilihat sepintas,tampaknya pengobatan dengan metode bekam tidak memberi manfaat apa-apa,bahkan terkesan kuno,irasional dan mengada-ada.Apabila di bandingkan dengan pengobatan medis modern yang memakai obat-obatan sintetik serta pembedahan yang memerlukan biaya mahal.Bekam lebih praktis,tanpa efex samping,murah dan bisa mengatasi banyak penyakit yang tidak bisa di tangani oleh kedokteran modern.

         Menurut kedokteran tradisional bahwa di bawah kulit ,otot,maupun fascia terdapat suatu poin atau titik yang mempunyai sifat istimewa.Antara poin satu dengan poin lainya saling berhubungan membujur dan melintang membentuk jaring-jaring atau jala,jala ini dapat di samakan dengan meredian atau habl.

        Kelainan yang terjadi pada satu poin ini dapat di tularkan dan mempengaruhi poin lainya.Juga sebaliknya,pengobatan pada satu poin akan menyembuhkan poin lainya.Teori ini dapat menjelaskan bahwa yang sakit matanya tidak perlu di bekam pada matanya,namun dapat di bekam di daerah kepala atau sekitar tengkuknya.

       Semoga Bermanfaat....

        

Komentar